Loading...

ISO 9001:2015 Interprenting and Documenting Quality Management System

DESKRIPSI

ISO 9001 adalah Program Pembekalan Skill dan Kompetensi bagi perusahan yang ingin mengimplementasikan ISO 9001 dengan target mendapatkan sertifikasi ISO 9001. Perkembangan dan tuntutan implementasi sistem manajemen mutu pada sebuah organisasi/perusahaan yang dikokohkan pengakuannya tersebut dengan telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001 bagi sebuah perusahaan/organisasi, hal ini juga akan menuntut pengembangan sumber daya manusia yang harus siap dalam menjalankan standar mutu yang akan diterapkan. Oleh karenanya untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan sumber daya perusahaan terkait edengan implementasi dan pengembangan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001 sangat penting bagi para sumber daya manusianya untuk mengikuti ISO 9001 adalah satu diantara standar yang berlaku dalam dunia bisnis internasional.

Dalam ISO 9001 sendiri berisi persyaratan-persyaratan sistem manajemen mutu yang mengarahkan organisasi untuk mengendalikan proses-prosesnya menuju pencapaian sasaran-sasarannya termasuk diantaranya kepuasan pelanggan, kesesuaian dengan peraturan dan perundang-undangan serta peningkatan berkesinambungan. Dalam penerapan system manajemen mutu ini, organisasi bisa menjalani proses sertifikasi dari lembaga yang independen sebagai bukti atas kesesuaiannya memenuhi berbagai persyaratan system manajemen mutu ISO 9001:2008 sehingga lebih meningkatkan kepercayaan mitra bisnisnya/stakeholdernya.

ISO 9001 dan keabsahan ISO 9001 – Quality Management System saat ini berlangsung di berbagai sektor bisnis komersil baik untuk perusahaan manufaktur ataupun jasa serta organisasi non profit dan institusi pemerintahan di 170 negara. Diantara point penting dalam standar seri ISO 9001 adalah adanya sistem dokumentasi. Dimana dokumentasi adalah sesuatu yang jauh lebih luas daripada sekedar arsip, catatan, (dan tentu saja foto-foto yang mungkin sempat anda bayangkan). Dan ketika perusahaan/organisasi berupaya untuk menerapkan system manajemen mutu ISO 9001:2008, maka perusahaan/organisasi perlu menetapkan dokumentasi sistem manajemen mutunya sesuai persyaratan standart sebagai landasan penerapan dan peningkatan mutu yang berkesinambungan. Sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 sebagai standart yang generik memerlukan dokumentasi dengan interpretasi yang tepat sesuai bidang industri maupun layanannya serta penerapannya membutuhkan strategi agar diterima dan dijalankan oleh semua karyawan.

 

MAKSUD DAN TUJUAN

  • Memberikan pemahaman kepada peserta tentang definisi dan pentingnya mutu bagi perkembangan perusahaan, system manajemen mutu dan standar ISO 9001 – Quality Management System sesuai versi terbaru 2015.
  • Prinsip-prinsip utama (kalusa) dalam menyusun sesuah system manajemen mutu yang efektif dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan.
  • Step by step implementasi ISO 9001 dan strategi untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001.
  • Benefit bagi perusahaan yang menerapkan standar ISO 9001 – Sistem Manajemen Mutu.

 

MANFAAT

  • Mampu menuangkan kebijakan-kebijakan dalam dokumen ISO 9001 – Quality Management System
  • Mampu merencanakan langkah-langkah implementasi, pengembangan system dan strategi peningkatan mutu yang berkesinambungan berdasarkan persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001
  • Mampu mengidentifikasi sumber daya dan kemampuan yang dibutuukan dalam rangka untuk implementasi system manajemen mutu ISO 9001
  • Mampu bekerja sama dan mendukung wakil manajemen dalam mensosialisasikan prinsip mutu yang tertuang dalam kebijakan mutu perusahaan
  • Mampu memberikan saran/pilihan terhadap sumber daya perusahaan yang ada dalam menerapkan ISO 9001
  • Mampu memberi saran/pilihan kepada perusahaannya untuk senantiasa mengevaluasi sistem mutu perusahaan

 

MATERI

  1. Prinsip-prinsip Dasar Quality Management System ISO 9001 Versi Baru 9001:2015
  2. Persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015
  3. Penyusunan Kebijakan Mutu dan Sasaran Mutu Manajemen
  4. Penyusunan Dokumen System Persyaratan Sistem Manajemen Mutu
  5. Penyusunan Dokumen System Persyaratan Tanggung Jawab Manajemen
  6. Penyusunan Dokumen System Persyaratan Manajemen Sumber Daya
  7. Penyusunan Dokumen System Persyaratan Realisasi Produk dan Layanan
  8. Penyusunan Dokumen System Persyaratan Analysis, Pengukuran dan Peningkatan Mutu Kerja
  9. Proses Perencanaan dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu
  10. Tips dan Trik dalam Menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001
  11. Proses Sertifikasi ISO 9001 dan Pemilihan Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu

 

PESERTA

Penanggung jawab system perusahaan/instansi, Manager SDM, Manager QC, Manager GA, dan elemen terkait di perusahaan dan instansi lainnya yang berhubungan erat dengan ISO 9001:2015.

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

 

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : ISO 9001:2015 Interprenting and Documenting Quality Management System
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

Newsletter

Get our products/news earlier than others, let’s get in touch.