Effrective Handling Complain and Problem Solving

December 26, 2025
72 views

Effrective Handling Complain and Problem Solving

Jadwal Pelatihan Effrective Handling Complain and Problem Solving

TanggalTempatKota
13 - 14 Januari 2026Asyana Kemayoran HotelJakarta

 

DESKRIPSI

Dalam Pelatihan ini peserta akan diberikan pemahaman secara komprehensif terkait Konsep pelayanan prima Definisi dan konsep complaint management Tujuan dan fungsi complaint managementDampak Buruk kegagalan penanganan komplainTahapan memprioritaskan komplain berdasar pada tingkat frekuensiPenyebab Pelanggan komplainCara Pelanggan komplainTahap-tahap dalam emosi pelangganJenis Pelanggan yang sulit (Complainer)Langkah-Langkah Penanganan Komplain, dll.

 

MATERI PELATIHAN

1. HANDLING COMPLAINT

  • Problems, Complaints, Difficult Customers
    • Bagaimana mengatasi masalah, complain dan mengatasi pelanggan-pelangan yang selalu membuat masalah bertambah sulit
  • Enabling Behaviours ; Selective Behaviours ;Fallback Behaviour
    • Faktor-faktor apa saja yang harus dimiliki untuk melakukan mencegahan terhadap sebuah masalah baik secara personal maupun dengan menggunakan system ataupun prosedur yang sudah terintegrasi.
  • How To Say ‘No’”
  • Transactional Analysis
    • Ego States, Transaction Types
    • Crossed/Complementary Transactions
    • Using Transactional Analysis

2. PROBLEM SOLVING

  • Why Problem-Solving And Decision-Making Methods?
    • Model – model proses mengambil keputusan, mengetahui hambatan bagaimana mengambil keputusan yang efektif, penyebab terjadi keputusan yang tidak tepat dan teknik-teknik bagaimana menyelesaikan masalah dengan konsep win-win.
  • Generating Creative Options/Solutions ; Evaluating
    • Malakukan penyatuan pendapat terhadap beberapa ide-idea yang muncul, bagaimana mengemukakan ide secara terbuka dengan benar tanpa menyinggung persaan orang lain. Memiliki pola pikir bekerja untuk tim bukan untuk kemenagan pribadi. Melakukan proses evaluasi terhadap semua proses kerja yang dilakukan.

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Effrective Handling Complain and Problem Solving
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
TAGS , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,