Online Training – Communication Skill & Public Speaking

September 13, 2023
515 views

Online Training – Communication Skill & Public Speaking

Jadwal Pelatihan Online Training – Communication Skill & Public Speaking

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

 

PENDAHULUAN

Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari memegang peranan yang sangat penting, hal ini dikarenakan komunikasi memiliki fungsi untuk menghubungkan keinginan seseorang kepada orang lain. Secara spesifik komunikasi menjalankan empat fungsi : fungsi kendali (control, pengawasan), motivasi, pengungkapan emosional dan informasi. Komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dengan beberapa cara. Setiap organisasi mempunyai hierarki wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan. Komunikasi menghubungkan satu dengan lainnya, dan kita pahami bahwa satu organisasi didalamnya terlibat karyawan yang memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda-beda sehingga besar sekali peluangnya untuk terjadi kesalahan informasi yang disampaikan dalam komunikasi.

Terdapat dua jenis komunikasi yaitu komunikasi formal dan informal, kedua jenis komunikasi ini selalu hadir dalam setiap aktivitas manusia. Selain hal tersebut, dalam komunikasi dikenal juga bentuk komunikasi verbal dan komunikasi non verbal, kedua bentuk ini juga selalu hadir dalam setiap aktivitas manusia.

Beberapa litelatur menjelaskan bahwa salah satu penyebab utama timbulnya konflik disfungsional atau konflik yang menghambat produktivitas kerja organisasi adalah kesalahan dalam komunikasi atau miss communication. Komunikasi yang efektif perlu dibangun dalam suatu organisasi untuk menghasilkan nilai maximm, sehingga akan terjadi akselerasi nilai positif bagi setiap karyawan. Kemampuan komunikasi masing-masing orang adalah berbeda, dan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Oleh sebab itu, untuk mencapai efektifitas komunikasi setiap karyawan harus mampu memahami unsur-unsur komunikasi, bagaimana berkomunikasi secara efektif, dan bagaimana membangun emosi cerdas untuk komunikasi efektif.

 

MATERI

1. Konsep komunikasi dan perananya dalam suatu organisasi bisnis

2. Keterampilan komunikasi antar pribadi ( Interpersonal)

3. Komunikasi arsetif

4. Komunikasi Non Verbal

5. Emosi Cerdas untuk komunikasi efektif

6. Pengenalan Public Speaking

  • Pentingnya public speaking dalam berbagai konteks, termasuk profesional dan sosial.

7. Perencanaan dan Persiapan

  • Cara merencanakan dan mempersiapkan presentasi atau pidato.
  • Menyusun pesan yang jelas dan terstruktur.

8. Stuktur Presentasi

  • Kerangka dasar presentasi, termasuk pendahuluan, isi, dan kesimpulan.
  • Membangun alur yang koheren.

9. Keterampilan Berbicara di Depan Umum

  • Teknik relaksasi dan pernapasan.
  • Membangun kepercayaan diri dalam berbicara di depan umum.

10. Stimulasi Suara dan Intonasi

  • Variasi suara dan intonasi untuk mempertahankan perhatian audiens.
  • Memanfaatkan suara dengan tepat untuk tujuan berbicara.

11. Gestur Tubuh dan Bahasa Tubuh

  • Penggunaan gerakan tubuh yang mendukung pesan.
  • Kontrol bahasa tubuh yang positif.

12. Penggunaan Visual Aids

  • Desain dan penggunaan alat bantu visual yang efektif.
  • Memadukan visual aids dengan presentasi.

13. Interaksi dengan Audiens

  • Cara berinteraksi dengan audiens, termasuk menanggapi pertanyaan dan umpan balik.
  • Mengelola interaksi yang mungkin terjadi selama presentasi.

14. Latihan dan Umpan Balik

  • Pentingnya latihan berbicara di depan umum secara berkala.
  • Meminta dan memberikan umpan balik untuk perbaikan.

15. Peningkatan Kemampuan Public Speaking

  • Langkah-langkah untuk terus meningkatkan kemampuan public speaking seiring waktu.

16. Studi Kasus dan Praktik

  • Analisis presentasi yang berhasil dan gagal.
  • Praktik berbicara di depan umum dengan berbagai topik dan format.

17. Evaluasi Kinerja

  • Mengukur dan mengevaluasi kinerja public speaking, termasuk penilaian dari rekan peserta atau mentor.

18. Mengatasi Kecemasan

  • Cara mengatasi kecemasan dan gugup saat berbicara di depan umum.
  • Teknik manajemen stres.

19. Etika dalam Public Speaking

  • Etika yang terkait dengan berbicara di depan umum, termasuk integritas, kejujuran, dan rasa hormat terhadap audiens
Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Online Training – Communication Skill & Public Speaking
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
TAGS , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,