Training Of Trainer (TOT)

April 15, 2014
843 views

Training  Of  Trainer (TOT)

Jadwal Pelatihan Training Of Trainer (TOT)

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

Instructor by: Dr. Ayi Tejaningrum, SE. MT

5 – 7 Mei 2014, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta

 

LATAR BELAKANG

Setiap Organisasi atau Perusahaan didirikan dan dirancang sedemikian rupa agar mampu memberikan hasil atau karya yang lebih berdaya guna dan berhasil guna, dalam memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Beberapa pakar berpendapat bahwa manusia merupakan sumber daya organisasi yang menentukan pelaku utama dalam mewujudkan dan mencapai tujuan Perusanaan. Suatu kualitas dan kinerja yang melahirkan produktivitas yang optimal ditentukan oleh bagaimana kita memberikan/mentransfer ilmu pengetahuan dan pengalaman kepada orang lain agar mudah diterima dan menarik untuk disimak. Untuk mencapai keberhasilan transfer tersebut dibutuhkan suatu bentuk pelatihan yang dikenal dengan “training of trainer” (pelatihan bagi fasilitator).

Melalui Pelatihan training of trainer (pelatihan bagi fasilitator) diharapkan para peserta dapat meningkatkan kemampuan untuk menjadi “trainer/fasilitator” yang handal sehingga mampu memberikan kontribusinya untuk mencapai target dan sasaran sesuai dengan yang ditentukan Perusahaan. Selain memahami fase-fase tersebut, seorang trainer saat ini, dibebani tugas yang berat yang berhubungan dengan kemampuan untuk merubah wawasan, pengetahuan, dan tindakan seseorang dari yang sama sekali tidak tahu apa-apa menjadi mampu mengerjakan apa-apa. Pelatihan ini diarahkan kepada bagaimana menjadi seorang trainer yang hebat, yang mampu memikul tanggung jawab yang besar untuk mampu merubah sesorang sesuai dengan levelnya masing-masing. Kebutuhan akan tenaga ini, semakin lama semakin berkembang dengan baik, seiring dengan kesadaran organisasi bahwa investasi dalam pengembanagn perusahaan berbentuk investasi SDM mendapat porsi yang sangat dominan baik dari kalangan akademisi maupun kalangan praktisi. Untuk itu pada training of trainer akan diarahkan kepada kemampuan seseorang untuk menjadi seorang trainer yang handal yang dapat diuji oleh seberapa besar ilmu yang akan disampaikan berdampak signifikan bagi perubahan-perubahan pada peserta training.

 

TUJUAN

Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan :

  1. Mampu memahami komponen dan esensi dasar dari Sumber Daya Manusia sebagai suatu potensi dinamis yang berperan penting dalam mencapai tujuan Perusahaan.
  2. Memahami dan menghayati prinsip-prinsip dasar dan model proses pelatihan.
  3. Mampu menganalisis kebutuhan pelatihan dan sekaligus merancang pelatihan.
  4. Mampu memahami berbagai jenis metode pelatihan.
  5. Mampu memahami berbagai tipe cara “belajar” para “trainee” (yang dilatih) dan tipe gaya “mengajar” para “trainer” (pelatih) sehingga dapat menerapkannya sesuai dengan dinamika kelompok dan situasi serta kondisi pelatihan.
  6. Mampu untuk melakukan evaluasi pelatihan, baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
  7. Mampu memahami dimensi-dimensi efektivitas sebagai “trainer” dan mengaplikasikan bagi dirinya, maupun menyebarluaskannya pada fasilitator lain.

 

CAKUPAN MATERI

1. Skill dan Kompetensi Trainer

Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan : Metode rujukan training, training dan proses komunikasi, tujuan-tujuan training, training dan pengajaran, ciri-ciri trainer kreatif, kematangan seorang trainer, menuju berfikir yang kreatif, kenali diri anda, membangun keahlian trainer, kemampuan menyimak, bagaimana meningkatkan kualitas menyimak, cara menyimak yang ideal, ciri-ciri menyimak yang baik, meningkatkan kemampuan komunikasi, gap dalam komunikasi, mengetahui gaya kita dalam komunikasi, bagaimana membangun komunikasi agar didengarkan orang, hambatan dalam komunikasi, bahasa tubuh, kemampuan pidato dan presentasi, prinsip-prinsip pidato dan presentasi. Dengan materi ini diharapkan akan terbangun pola pikir peserta pelatihan bagaimana membangun dirinya supaya menjadi seorang trainer yang sejati.

2. Manajemen Pelatihan

Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan manajemen pelatihan, mulai dari kebutuhan pelatihan, pengembangan program pelatihan, pengembangan kurikulum pelatihan, metodologi pelatihan, dan penyelenggaraan pelatihan serta evaluasi pelatihan. Pada bagian ini diharapkan peserta akan mampu meningkatkan pemahamannya akan manajemen pelatihan mulai dari need analisys sampai kepada evaluasi pelatihan.

3. Training Tools dan Implementasi Training

Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan : Metode dan training style, lima belas cara menyampaikan informasi, perlengkapan training, strategi training, teknik dan metode training, pembelajaran orang dewasa, persiapan dan pelaksanaan program training, metode pembelajaran cooperative scrip, Numbered Heads Together, Metode Jigsaw , Metode Debat, metode role playing, dll. Pada bagian ini diharapkan setiap peserta pelatihan akan mampu memahami bagaimana memanfaatkan training tools serta metode dan teknik training.

4. Motivasi & Ice Breaking

Pada bagian ini akan disampaikan dengan berbagai macam hal baik metode maupun teknik untuk membangun motivasi peserta didik sehingga tertarik untuk mengikuti training dan siap untuk melakukan perubahan. Berbagai pendekatan yang akan digunakan adalah AMT (Achievment Motivation Training), Selain hal tersebut juga disampaikan berbagai macam permainan sederhana yang sebaiknya dilakukan oleh seorang trainer diantaranya: semut gajah, chacha bu chacha, haloo apa kabar, selebrity jam, 123 bom, the mumy dll ( sebanyak 15 permainan).

 

TRAINING METHOD

  • Presentation
  • Discussion
  • Case Study
  • Evaluation

 

FACILITY

  • Training Kit
  • Handout
  • Certificate
  • Lunch + 2 X Coffee Break
  • Souvenir
  • Pick Up Participant

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Training Of Trainer (TOT)
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi