Loading...

Strategi Penyelesaian Kredit Bermasalah (Restrukturisasi Kredit)

12 - 14 Februari 2019, Prime Plaza Hotel, Yogyakarta

OVERVIEW

Industri perbankan saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Produk-produk perbankan semakin inovatif dan diciptakan untuk memenuhi kebutuhan akan jasa keuangan nasabahnya. Perubahan besar tersebut dipicu oleh perkembangan teknologi (e-banking). Perbankan telah menambah fitur-fitur pada tiap produknya sesuai dengan ekspektasi nasabah yang menjadi target pasarnya. Upaya tersebut akan menambah kemampuan bank dalam menghasilkan laba dan menjaga sustainability usahanya.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa sampai saat ini asset/produk industri perbankan khususnya di Indonesia yang terbesar memberikan kontribusi bagi pendapatan bank adalah asset berupa kredit. Kontribusi pendapatan bunga dari pemberian kredit diperkirakan mencapai 70-80% dari total pendapatan bank, sehingga tiap gangguan yang terjadi pada asset ini dapat mempengaruhi kinerja bank secara signifikan. Oleh karena itu manajemen bank akan memberikan perhatian khusus pada tingkat kesehatan/kualitas dari kredit yang disalurkan.

Selain manajemen, pihak yang berkepentingan atas kualitas kredit lainnya dari suatu bank antara lain pemegang saham, karyawan dan perekonomian secara umum, karena risiko terbesar yang mudah dikenali dari bisnis bank adalah risiko kredit dan risiko ini dapat membawa kejatuhan pada sebuah bank

Untuk dapat mengendalikan risiko atas penyaluran kreditnya, bank dapat melakukan beberapa langkah strategis terutama dengan meningkatkan kompetensi dan pemahaman pada setiap pegawai yang berada di bidang perkreditan perihal proses normal management kredit sampai dengan remedial management (penyelamatan kredit).

 

BENEFIT

  1. Memberikan pemahaman kepada peserta perihal proses pemberian kredit, monitoring dan deteksi dini kredit bermasalah
  2. Memberi keyakinan kepada peserta dalam pengambilan keputusan atas strategi penanganan kredit bermasalah
  3. Peserta dapat memahami pemenuhan aturan regulator terhadap penanganan kredit bermasalah
  4. Tinjauan alternatif penyelesaian kredit melalui pihak ketiga (legal action)
  5. Mendeteksi secara dini kredit yang berpotensi menjadi bermasalah dan melakukan langkah-langkah awal penanganannya
  6. Menganalisa berbagai aspek (manajemen, legal, teknik dan keuangan) sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan penyelesaian kredit yang telah dikategorikan sebagai kredit bermasalah
  7. Melakukan restrukturisasi kredit dengan pemilihan berbagai alternatif skenario sesuai dengan kompleksitas permasalahannya
  8. Memperkirakan keuntungan/kerugian dalam setiap alternatif penyelesaian yang dipilih

 

OUTLINE MATERI

1. Proses Kredit dan Identifikasi Permasalahannya

  • Pengertian Kredit Bermasalah
  • Identifikasi Faktor-faktor Penyebab Kredit Bermasalah
  • Early Warning System
  • Kerangka Kerja Penanganan Kredit Bermasalah
  • Regulasi Pendukung
  • Penyelesaian Kredit Melalui Pihak Ketiga

2. Strategi Penanganan Kredit Bermasalah dengan Rekstruturisasi atau Penyelesaian Kredit

  • Evaluasi Alternatif Strategi
  • Financial Projection Restrukturisasi
  • Penentuan Skema Restrukturisasi
  • Studi Kasus
  • Kesimpulan dan Penutup

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyalarta)

 

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Strategi Penyelesaian Kredit Bermasalah (Restrukturisasi Kredit)
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

Newsletter

Get our products/news earlier than others, let’s get in touch.