Tanggal | Tempat | Kota |
---|---|---|
Belum ada jadwal terbaru |
PENDAHULUAN
Lahirnya Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 (Perpres 16/2018) tentang pengadaan barang/jasa pemerintah sebagai pengganti Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 (Perpres 54/2010) dan seluruh perubahannya boleh jadi adalah era baru sebagai lanjutan dari reformasi sistem pengadaan barang/jasa pemerintah di indonesia. Keputusan Presiden Nomor 80 Tahun 2003 (Keppres 80/2003), setelah mengalami 7 kali perubahan, pada Tahun 2010 digantikan dengan Perpres 54/2010. Tepatnya setelah 7 tahun lahirlah penggantinya. Perpres 54/2010 kemudian setelah berubah 4 kali, atau tepatnya 8 tahun kemudian, digantikan dengan Perpres 16/2018. Jika ditilik dari perkembangannya Keppres 80/2003 pada perubahan ke-7 yaitu Perpres 95 Tahun 2006 adalah titik awal transisi masuknya sistem pengadaan barang/jasa Pemerintah Indonesia ke era teknologi informasi. Karena pada Perpres 95/2006 perubahan terakhir Keppres 80/2003, mulai diperkenalkan pelelangan secara elektronik.
Perpres 4/2015 sebagai perubahan terakhir Perpres 54/2010 merupakan transisi ke arah era teknologi informasi. Dan lahirnya Perpres 16/2018 menjadi pertanda resminya era teknologi informasi menjadi dasar pengembangan regulasi pengadaan barang/jasa pemerintah. Setidaknya ada 12 pengaturan baru dan 19 perubahan pengaturan tertuang dalam Perpres 16/2018 ini jika dibandingkan dengan Perpres 54/2010. Perubahan pengaturan ini patut diketahui dan dipahami secara mendasar oleh para pihak yang terlibat dan berminat terhadap pengadaan barang/jasa pemerintah.
Peserta pelatihan tidak hanya diajak untuk mengetahui perubahan-perubahan apa saja yang ada pada Perpres 16/2018 dibandingkan Perpres 54/2010 tetapi juga diberikan pemahaman normatif atas perubahan yang termasuk di dalam Perpres 16/2018.
MATERI
1. Gambaran Umum dan Perubahannya
2. Pengaturan Baru
3. Perubahan Istilah dan Definisi
4. Perubahan Pengaturan
5. Definisi Pengadaan Barang/Jasa
6. Pelaku Pengadaan Barang/Jasa
7. Swakelola
8. Pemilihan Penyedia
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant (Yogyakarta)
Data Materi Training | |
Topik Training | : PERPRES No.16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa |
Link | |
*Jumlah Peserta | Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan |
*Nama Peserta Yang Didaftarkan | |
Personal Data | |
*Nama | |
*Jabatan | Jabatan/Divisi/Departement |
*Nama Perusahaan | |
*Alamat Perusahaan | |
*Email Perusahaan | |
*Email Alternatif | eg: gmail, yahoo, hotmail |
*Telepon Kantor | |
Ekstensi | |
*Handphone | |
* Harus di isi | |
![]() | |