Marketing Communication and Promotion
Jadwal Pelatihan Marketing Communication and Promotion
Tanggal | Tempat | Kota | Belum ada jadwal terbaru |
OVERVIEW
Keberhasilan target penjualan dan target brand tidak terlepas dari kualitas Marketing Communication & Promotion sebagai unit yang menunjang. Berbagai hal terkait promosi produk mulai dari rencana pemasaran yang disesuaikan dengan target sales, mengalokasikan budget, merencanakan strategi aktifitas promosi ATL (on-line) dan BTL (off-line) hingga teknik kerjasama dengan pihak ketiga (EO dan Agency) disiapkan oleh Marketing Communication & Promotion. Sehingga sebuah perusahaan akan dapat survive dan terus berkembang bila memiliki tim Marketing Communication & Promotion yang handal dengan skill teknis, konseptual, dan analitis yang memadai.
Banyak Marketing Communication & Promotion yang belum memahami secara mendasar, apa sebenarnya tugas utama dan peran penting mereka dalam kinerja pemasaran dan organisasi perusahaan.
BENEFIT
- Mendesain strategi branding untuk produk yang dimiliki perusahaan dengan optimal
- Menentukan strategi promosi di saluran distribusi dan area geografis yang efektif untuk setiap brandnya
- Merencanakan strategi aktifitas promosi above the line (on-line) dan below the line (off-line)
- Mengalokasikan budget promosi retail, outlet & dealer di tiap kantor regional dan cabang sehingga dapat menentukan strategi promosi yang tepat dan efisien guna memenangkan pasar dan meningkatkan penjualan
- Membuat brief, melakukan riset, cara memonitor dan melakukan evaluasi program di retail, outlet & dealership marketing
- Menyusun strategi dan teknik bekerjasama dengan pihak ketiga (EO dan Agency) agar promosi sukses
- Memonitor pengajuan marketing activity dan seluruh retail, outlet, dealer atau cabang (Lokasi, harga, EO)
- Memonitor dan mengontrol pelaksanaan marketing activity (Check list)
- Membuat laporan, analisa dan evaluasi hasil pelaksanaan marketing activity (Inquiry)
MATERI
1. Peran Marketing Communication & Promotion Dalam Meningkatkan Penjualan (Di Retail, Outlet, Dealer Atau Cabang)
- Memahami peran penting Marketing Communication & Promotion dalam operasional
- Peranan Brand & Trade Activation dalam retail, outlet, dealer atau cabang Marketing Communication & Promotion (terhadap konsumen, trade channel dan internal)
- Bagaimana memahami brand guidelines & promotion dari kantor pusat serta aplikasinya di lapangan.
- Mengeksekusi program brand sesuai arahan kantor pusat dan regional
- Memahami pelanggan dan kompetitor: Beragam Produk dan Persyaratan konsumen serta masalah pelanggan (inventarisasi) guna menyusun strategi marketing promosi
- Strategi segmentasi, targeting, positioning dan differentiation serta dampaknya ke brand activity dan management
- Sharing dan diskusi kelas
2. Bagaimana Menyesuaikan Rencana Pemasaran Dengan Target Sales Mengalokasikan Budget Promosi Retail, Outlet, Dealer Atau Cabang di Tiap Kantor Regional & Cabang
- Peran Marketing Communication & Promotion dalam mencapai Target sales:
- Memahami aktifitas marketing promotion yang efektif guna mencapai target konsumennya
- Panduan melakukan brand activity : When,Why dan How
- Cara membuat Benchmark dalam brand activity
- Studi kasus dan diskusi kelas
- Marketing Communication & Promotion sebagai bagian dari Rencana Pemasaran:
- Memahami komponen kunci sukses retail, outlet, dealer atau cabang marketing communication & promotion yang harus dikuasai
- Teknik membuat brief, melakukan riset, cara memonitor dan melakukan evaluasi program marketing communication & promotion di retail, outlet, dealer atau cabang
- Teknik optimalisasi marketing program di retail, outlet, dealer atau cabang
- Mengenal hal yang perlu dihindari dalam penggunaan komponen aktivitas marketing promotion : tips & tricks
- Studi kasus dan diskusi kelas
- Rencana Budget : bagaimana menentukan budget yang efisien dalam promosi
3. Merencanakan Strategi Aktifitas Promosi Above The Line Dan On-line Promotion
- Pemahaman tentang apa itu promosi Above The Line (ATL) dan on-line promotion
- Beragam bentuk dari Image Produk serta implikasinya ke promosi Above The Line (ATL) dan on-line promotion
- Beragam strategi Sales Promotion Program atau Event Promotion
- Aspek kreatif dalam promosi Above The Line (ATL) :
- Image/Visual Produk
- Logo Produk
- Brand Mandatory
- Content/Message
- Strategi media placement yang efektif :
- Media Selection (Segmen & Target Market, Performa Media)
- Media Schedule & Planning
- Cost Media Analysis
- Online promotion (social media & web placement)
- Beragam studi kasus dan diskusi kelompok
4. Merencanakan Strategi Aktifitas Promosi Below The Line Dan Off-line Promotion
- Pemahaman tentang apa itu promosi Below The Line (BTL) dan off-line promotion
- Standar penyelenggaraan event penunjang promosi below the line (BTL) yang efektif
- Standar pameran di retail, outlet, dealer atau cabang
- Bagaimana merancang aktivitas promosi below the line brand image vs Aktivitas hard selling
- Bagaimana mendesain marketing communication & promotion activity guna menunjang sales program
- Pemanfaatan komunitas terkait, sebagai mitra kegiatan promosi dan CSR di retail, outlet, dealer atau cabang
- Merancang kerjasama promosi dengan brand lain dalam aktifitas barter promosi
5. Teknik Kerjasama dengan Pihak Ketiga (EO) dan Perusahaan Lain (Agency)
- Memahami strategi dan taktik bekerjasama dengan pihak ketiga (EO dan Agency) agar promosi sukses
- Cara membuat briefing dan memonitornya
6. Aktifitas Pendukung Dealership, Outlet & Retail Marketing Promotion
- Sebelum Pelaksanaan
- Mengumpulkan dan menyusun rencana pengajuan marketing activity dan program seluruh retail, outlet (multi outlet), dealer atau cabang (lokasi, harga, EO)
- Check list yang diperlukan guna memastikan rencana pengajuan marketing activity yang terbaik
- Tips & trick: menghadapi beragam kesalahan yang sering terjadi
- Diskusi kelas & studi kasus
- Saat Pelaksanaan
- Bagaimana mengontrol pelaksanaan marketing activity (Check list)
- Setelah Pelaksanaan
- Bagaimana membuat laporan: analisa dan evaluasi hasil pelaksanaan marketing activity
- Pentingnya konsistensi tanggal dalam mengirim laporan pelaksanaan marketing activity
TARGET
Branch Manager, Marketing Communication & Promotion di perusahaan Retail, Otomotif, Telekomunikasi, Bank, Multifinance & Consumer Goods.
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant (Yogyakarta)