ISO 26000 – CSR Guidance and Community Development Officer Skills

September 14, 2022
690 views

ISO 26000 – CSR Guidance and Community Development Officer Skills

Jadwal Pelatihan ISO 26000 – CSR Guidance and Community Development Officer Skills

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

 

DESKRIPSI

Di era ini, perusahaan tidak bisa lepas dari 3 pilar pembangunan berkelanjutan yaitu: secara ekonomi menguntungkan (profit), ramah lingkungan (planet) dan pengembangan masyarakat (people) yang menjamin keberlanjutan perusahaan. Kontribusi pada masyarakat dilakukan perusahaan melalui pengembangan masyarakat (Community Development) atau tanggung jawab sosial dan lingkungan (Corporate Social Responsibility) dengan melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan.

Tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan disamping diatur oleh pemerintah melalui regulasi dan juga menjadi komitmen global, salah satunya SDG (Sustainability Develpoment Goals). Manfaat yang diperoleh perusahaan dalam melakukan CSR adalah meningkatnya citra dan reputasi perusahaan. Hal ini bisa diperoleh bila CSR yang dilakukan perusahaan didasarkan pada kebutuhan masyarakat, dilakukan secara berkesinambungan dan berorientasi pada pemberdayaan masyarakat mandiri.

Sedemikian penting CSR bagi perusahaan, pemangku kepentingan dan masyarakat maka perusahaan harus menempatkan orang-orang CSR (yang dikenal dengan CSR/CD Officer) yang tepat dalam mengelola dan menjalankan Program CSR. Salah satu panduan yang dapat digunakan adalah ISO 26000:2010. Disamping itu PROPER dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan panduan Social Mapping untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat dan menyusun rencana strategis dan program (PDCA) CSR perusahaan. CSR/CD Officer perusahaan harus memahami dan menjalankan siklus dan manajemen PDCA CSR yang sejalan dengan misi, visi dan sumber daya yang dimiliki. Disamping itu berbagai keterampilan praktis sangat diperlukan dalam menjalankan CSR sehingga mampu merepresentasikan perusahaan di tengah-tengah masyarakat dan pemangku kepentingan.

 

MANFAAT DAN TUJUAN

  • Memahami dan mengimplementasikan ISO 26000: 2010
  • Memahami dan mengimplementasikan kebijakan-kebijakan CSR dan Community Development
  • Mampu melakukan monitoring dan evaluasi program CSR dan Community Development

 

MATERI

  1. CSR Perusahaan Sebagai 3 Pilar Pembangunan Berkelanjutan
  2. ISO 26000: Panduan CSR Perusahaan
  3. Ciri dan Karakter CSR/CD Officer
  4. Tanggung Jawab dan Peran CSR Perusahaan
  5. PDCA dalam Pelaksanaan Program CSR
  6. Dokumen Social Mapping
  7. Perencanaan dan Pelaksanaan CSR Perusahaan
  8. Monitoring dan Evaluasi Program CSR Perusahaan
  9. Keterampilan Komunikasi dan Interpersonal
  10. Keterampilan Adaptasi dengan Masyarakat
  11. Keterampilan Membangun Kolaborasi

 

TARGET PESERTA

Personel perusahaan yang terlibat dalam program CSR dan bagian lain yang terkait seperti SDM, Perencanaan Operasi dan Pemeliharaan, Akuntasnsi, Lingkungan dan K3

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2 X Coffee Break

Pick Up Participant (Yogyakarta)

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : ISO 26000 – CSR Guidance and Community Development Officer Skills
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
TAGS , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,