CSR Berbasis Wawasan Lingkungan

November 8, 2023
377 views

CSR Berbasis Wawasan Lingkungan

Jadwal Pelatihan CSR Berbasis Wawasan Lingkungan

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

 

PENDAHULUAN

Pada tahun 2010 ISO mengeluarkan Standar Internasional ISO 26000:2010 Guidance on Social Responsibility. Standar Internasional ini berupa panduan bagi perusahaan dalam merencanakan, melaksanakan, monitoring dan evaluasi program Corporate Social Responsibility (CSR). Standar yang dikeluarkan ISO –seperti ISO 9001, ISO14001, dll- akan segera tersebar dan diimplementasikan oleh banyak perusahaan dan institusi lainnya di dunia. Dalam waktu yang tidak lama, biasa produk ISO akan menjadi referensi dan arus utama (mainstream) oleh banyak stakeholders, demikian juga halnya dengan ISO 26000 (Corporate) Social Responsibility.

Dalam pengelolaan CSR, perusahaan haruslah menerapkan 7 prinsip dalam ISO 26000, yaitu: akuntabilitas,. tranparansi, prilaku etis, penghormatan terhadap kepentingan stakeholders, kepatuhan terhadap hukum, penghormatan terhadap prilaku internasional dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

Dalam Panduan ISO 26000, penerapan CSR lebih luas dari pemahaman dan penerapan CSR yang umum diterapkan oleh banyak perusahaan sekarang. Hal ini dijelaskan lebih detil dalam 7 Subyek Inti ISO 26000, yaitu:

  • Tata kelola perusahaan (organizational governance)
  • Hak asasi manusia (human rights)
  • Praktek ketenagakerjaan (labour practices)
  • Lingkungan hidup (the environment)
  • Praktek operasi yang fair (fair operating practices
  • Isu-isu konsumen (consumer issues)
  • Keterlibatan dan pengembangan masyarakat (community involvement dan development)

Penerapan 7 Subyek Inti ISO 26000 dalam program CSR perusahaan dapat dilakukan secara bertahap, sesuai dengan prioritas, kemampuan dan sumber daya yang dimiliki. Berangkat dari penerapan CSR yang ada di perusahaan saat ini dan juga penerapan CSR diberbagai perusahaan. ISO 26000 merupakan panduan yang komprehensif dan efektifdalam melaksanakan CSR perusahaan secara berkelanjutan dalam jangka panjang. Manfaat penerapan panduan ISO 26000 in bagi perusahaan antara lain:

  • Peningkatan hubungan perusahaan dengan masyarakat, pemerintah, investor, supplier, konsumen dan stakeholders lainnya
  • Peningkatan daya saing
  • Peningkatan reputasi
  • Peningkatan moral, komitmen dan produktivitas karyawan
  • Dan lain-lain

 

TUJUAN

  • Peserta pelatihan memahami secara komprehensif panduan ISO 26000:2010 Guidance on Social Responsibility
  • Peserta pelatihan mampu mengidentifikasi & mengelola stakeholders dan melakukan integrasi prinsip dan subyek inti ISO 26000 kedalam penerapan program CSR perusahaan
  • Peserta pelatihan mampu menyusun Program CSR perusahaan langkah demi langkah berdasarkan standar ISO 26000

 

MATERI

  1. Latar Belakang dan Manfaat CSR
  2. Implementasi CSR yang Berkelanjutan
  3. Studi Kasus CSR Perusahaan di Indonesia
  4. CSR dalam PROPER Beyond Compliance
  5. Pemahaman ISO 26000:2010 Guidance on Social Responsibility
  6. Identifikasi Stakeholder dan Ekspektasinya
  7. Subyek Inti dan Mengelola Stakeholders
  8. Integrasi ISO 26000 kedalam CSR Perusahaan

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2 X Coffee Break

Souvenir

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : CSR Berbasis Wawasan Lingkungan
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi