Analisa Media

March 27, 2014
1524 views

Analisa Media

Jadwal Pelatihan Analisa Media

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

Instructor by: Drs. Bambang Darmadi, MM

15 – 17 April 2014, Jogjakarta Plaza Hotel, Yogyakarta

 

DESKRIPSI

Untuk menganalisa bagaimana media (massa) mengemas peristiwa, “merekontruksi ulang” realita, peristiwa, suasana, keadaan, tentang orang, benda, bahkan pendapat-pendapat berkaitan dengan peristiwa tersebut. Redaksional media (massa); wartawan, editor, redaktur, redaktur pelaksana, pimpinan redaksi yang mencari, meliput peristiwa, penulisan ulang-pengabungan-pengabungan sebagai proses editing, dan menyeleksi berita-berita mana yang layak dimuat dalam surat kabar. Kriteria berita berisi 5W + 1 H (apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana), baik untuk laporan/berita langsung (hard news) maupun soft news atau feature.

Berita tidak saja berisi informasi tentang sesuatu hal, tetapi informasi tersebut harus menarik dan penting, atau memiliki nilai berita (news valeu). Misalnya: “ada pekerja yang mati mengenaskan” itu adalah “informasi”, tetapi bila pekerja tersebut mati karena ledakan pipa gas di areal lumpur panas Lapindo, itu baru informasi yang menarik perhatian dan dianggap penting-layak untuk diketahui. Sesuatu yang menarik biasanya sesuatu yang tidak lazim, tidak biasa, aneh, berbeda, dramatis, tidak pernah-atau jarang terjadi, yang tidak diharapkan, tidak seperti yang seharusnya, yang diperkirakan menyebabkan hal yang lebih baik atau lebih buruk dsb. Sesuatu yang penting biasanya apabila melibatkan orang banyak, kepentingan orang banyak, banyak orang yang merasakan, dsb.

Dalam kajian pelatihan analisi media ini tidak saja mengupas yang berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan oleh media (masa) saja, namun juga mengupas tentang analisi media yang digunakan baik media ruang dan media luar yang digunakan oleh perusahan-organisasi yang tujuannya untuk publikasi, promosi dan sebagainya.

 

BENEFIT

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan para peserta mampu untuk memahami (melek) terhadap keberadaan media sebagai salah satu mitra bisnis bersama dan mampu untuk mengolah, mengelola keberadaan media yang ada dalam organisasi (bulletin, majalah, jurnal) dan semakin terampil berani menuangkan gagasan-ide dalam bentuk tulisan di media.

 

OUTLINE MATERI

  1. Peran pening media dalam organisasi
  2. Kesadaran bermedia
  3. Berbagai jenis media media yang digunakan oleh organisasi
  4. Mengelola keberadaan media
  5. Berbagai analisa media
  6. Kiat –kiat praktis berani menulis di media massa

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2 X Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Analisa Media
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi